Nama Pameran : RAGAM INDONESIA EXPO 2016 (Festival Ragam Seni, Budaya & Carnaval Indonesia Raya)
Tempat  : GBK - JAKARTA
Tanggal : 17 - 21 Agustus 2016
Event Organizer : PT. Visi Sinergi Antarnusa

Dulu daerah senayan adalah milik seseorang yang bernama Wangsanaya yang berasal dari Bali.

Wangsanaya sendiri, menurut De Haan, adalah Letnan dari Bali yang tinggal selama akhir abad ke-17.

Nama Senayan berasal dari kata Wangsanayan, yang mempunyai makna "Tanah milik Wangsanaya."

Lambat laun dengan berjalannya waktu, akhirnya orang menyingkat nama Wangsanayan menjadi Senayan.

Saat ini Senayan adalah salah satu Kelurahan di Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sejarahnya, bahwa Kebayoran Baru merupakan daerah terakhir yang akan dikembangkan oleh pemerintah kolonial Belanda sebagai daerah perumahan.

Kebayoran Baru adalah sebuah kecamatan yang terletak di kota Jakarta Selatan. Kecamatan ini sebagian besar merupakan daerah pemukiman, meskipun beberapa bagian juga merupakan daerah pertokoan ("Blok M") dan pusat bisnis (Sudirman Business District, SBD). Bursa Efek Indonesia berlokasi di sini. Di Kecamatan Kebayoran Baru berdiri gedung balaikota Jakarta Selatan, markas Kepolisian Resor Jakarta Selatan, gedung pusat Kejaksaan Agung Republik Indonesia, dan juga gedung Sekretariat Jenderal ASEAN. Kebayoran Baru memiliki satu terminal bus dalam kota di Jakarta (terminal "Blok M").

Batas dan pembagian administratif
Di sebelah utara Kebayoran Baru berbatasan dengan Kecamatan Tanah Abang dan Setiabudi. Sebagian kecil Jalan Hang Lekir dan Jalan Jendral Sudirman serta Jalan Gatot Soebroto adalah batas utara kecamatan ini. Di sebelah barat Kali Grogol memisahkan Kebayoran Baru dengan kecamatan Kebayoran Lama. Kali Krukut membatasi di sebelah timur dengan kecamatan Mampang Prapatan, sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan Cilandak dengan batasnya adalah Jalan Margaguna dan Jalan Haji Nawi Raya.

Kelurahan
Kecamatan Kebayoran Baru terdiri atas 10 kelurahan berikut:

    Selong, Kebayoran Baru dengan kode pos 12110
    Gunung, Kebayoran Baru dengan kode pos 12120
    Kramat Pela, Kebayoran Baru dengan kode pos 12130
    Gandaria Utara, Kebayoran Baru dengan kode pos 12140
    Cipete Utara, Kebayoran Baru dengan kode pos 12150
    Pulo, Kebayoran Baru dengan kode pos 12160
    Melawai, Kebayoran Baru dengan kode pos 12160
    Petogogan, Kebayoran Baru dengan kode pos 12170
    Rawa Barat, Kebayoran Baru dengan kode pos 12180
    Senayan, Kebayoran Baru dengan kode pos 12190

Sejarah
Kebayoran Baru merupakan wilayah pemukiman baru yang dirancang setelah kemerdekaan Indonesia, seperti juga daerah Pejompongan. Kebutuhan pemukiman cukup mendesak karena Jakarta memerlukan banyak fasilitas publik sebagai pusat pemerintahan Indonesia.

Wilayah ini dirancang oleh H Moh. Soesilo pada tahun 1948. Soesilo adalah murid Thomas Karsten, arsitek Hindia Belanda yang ikut merancang Bandung, Malang, dan Bogor pada masa penjajahan. Konsep yang digunakan adalah "kota taman", konsep yang banyak dipakai oleh para pengembangan properti modern. Dalam konsep ini, ruang terbuka hijau sebagai ruang milik publik mendapat perhatian khusus. Lokasi yang dipilih adalah daerah dekat Setasiun Kebayoran di sisi timur Kali Grogol.

Peletakan batu pertama dilakukan pada 8 Maret 1949, dan selesai pada tahun 1955 [1]. Pembangunan Kebayoran Baru dilaksanakan perusahaan Belanda bernama Centrale Stichting Wederopbouw, sering disingkat CSW, yang berdiri pada Agustus 1948. Dahulu kantor CSW terletak beberapa ratus meter sebelum Terminal Blok M, berhadapan dengan kantor Kejaksaan Agung.[2] Sebagai sarana pendukung, dibangunlah jalan Jendral Sudirman untuk menghubungkan Kebayoran Baru dengan pusat kota melalui Dukuh Atas.

Pada awalnya, Kebayoran Baru dibagi menurut blok (Blok A sampai Blok S), sesuai dengan tipe peruntukan dan ukuran perumahan yang dibuat. Hingga saat ini, penyebutan dengan blok-blok masing sering terdengar dan lebih populer daripada penyebutan nama kelurahannya.

    Blok A, Blok O, dan Blok P sekarang menjadi wilayah Kelurahan Pulo.
    Blok B, Blok C, dan Blok D sekarang menjadi wilayah Kelurahan Kramat Pela.
    Blok M, adalah sebuah kompleks pertokoan, yang bersama-sama dengan kawasan perumahan menengah ke atas Blok N membentuk Kelurahan Melawai.
    Blok Q, sekarang menjadi bagian dari Kelurahan Petogogan.
    Blok R dan Blok S, terletak di sekitar lapangan Senayan, tepi Jalan Suryo, menjadi Kelurahan Rawa Barat.

Wilayah Kecamatan Kebayoran Baru sekarang tidak hanya mencakup wilayah pengembangan yang asli namun mencakup beberapa perkampungan tambahan di sekitarnya, seperti daerah Radio, sebagian Kampung Gandaria (Gandaria Utara) dan sebagian Cipete (Cipete Utara).

Pendidikan
Sekolah negeri untuk semua tingkat terdapat di sini. Di setiap kelurahan terdapat SD negeri , seperti SDN Cipete Utara 09, 10, 11, 12 pagi dan SDN Gunung 01 dan 03 pagi. SLTP negeri mencakup SLTP 19, SLTP 11 dan SLTP 29 (kawasan Mayestik), SLTP 12 (di dekat Blok M), dan SLTP 13 (Blok Q), SLTP 247 dan 104 (daerah mampang), SLTP 240, dan SLTP 250. SLTP 56 telah dipindahkan lokasinya dari kecamatan ini. SLTA negeri yang terdapat di kecamatan ini mencakup SMAN 6, SMAN 70 (gabungan dari SMAN 9 dan SMAN 11; penggabungan dilakukan karena sering terjadi tawuran antarsiswa), SMAN 62,SMAN 82, dan SMAN 46. Selain itu terdapat pula beberapa SMK negeri dan satu sekolah pendidikan guru olah raga (sekarang menjadi Sekolah Laboratorium FPOK Universitas Negeri Jakarta). Sekolah swasta juga banyak berdiri. Beberapa di antaranya cukup dikenal seperti SMA Pangudi Luhur 1 Jakarta (khusus laki-laki), SMA Tarakanita I (khusus perempuan), Perguruan Al Azhar, dan SMK Penerbangan.

Beberapa perguruan tinggi juga berlokasi di Kebayoran Baru seperti PTIK, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Universitas Al-Azhar, dan satu kompleks kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Sarana ibadah
Sarana ibadah umum di kawasan ini terdiri dari masjid dan gereja, seperti Masjid Al-Azhar, Masjid Al-Amjad di Cipete Utara, Masjid Al-Kautsar di Blok A, di gereja Santo Yohanes Pembaptis (Katolik) di Blok B, gereja Santa Perawan Maria Ratu (Katolik) di Blok Q, Gereja PGI (Kristen Protestan) di Blok N, dan gereja Effatha (Kristen Protestan) di Blok M.

Kesehatan
Sarana kesehatan di Kebayoran Baru meliputi rumah-rumah sakit berikut:

    Rumah Sakit Kebayoran, yang berkembang dari Klinik Bersalin yang bernama Rumah Bersalin Indonesia, lalu berkembang menjadi Klinik Umum dengan nama Klinik Sakit Kebayoran (KSK) dan terakhir berkembang menjadi RS. Rumah sakit tersebut sudah tutup sejak 2002.
    Rumah sakit Pertamina di Mayestik
    Rumah sakit bersalin 'Asih', di kawasan Blok N
    Rumah Sakit Brawijaya Women & Children's Hospital, di Jl. Taman Brawijaya

Terdapat pula beberapa Puskesmas yang terutama melayani masyarakat dari kalangan menengah ke bawah.

Praktik dokter (umum maupun spesialis) banyak ditemukan di berbagai bagian kawasan. Praktik dokter hewan pun juga dijumpai.

Pasar dan pusat perdagangan lain
Pasar yang dikelola Pemerintah DKI (di bawah PD Pasar Jaya) di kecamatan ini mencakup Pasar Blok M, Pasar Blok A, Pasar Cipete, Pasar Mayestik, dan Pasar Santa. Seiring dengan perkembangan kota, bermunculan pula pusat perbelanjaan yang dikelola swasta.

Terdapat pula pusat-pusat perdagangan barang-barang khusus, meskipun beberapa seperti tidak terencana dengan baik, seperti:

    pusat bahan-bahan bangunan di Jalan Panglima Polim,
    pasar burung di Jalan Barito, dan
    pasar onderdil (mobil) di Cipete.

Pasar bunga dan ikan hias pernah ada di kawasan Taman Barito namun sejak akhir 2007 telah dipindah lokasinya ke kawasan Radio Dalam karena Taman Barito diperuntukkan bagi kawasan hijau kota.

Di kawasan Blok M setiap fajar juga berlangsung pasar kue yang singkat, hanya 3 jam, yang menjual kue dalam partai besar.

Pusat pertokoan
Di Kebayoran Baru terdapat pula beberapa pusat pertokoan besar (mall) di Jakarta. Beberapa di antaranya adalah:

    Plaza Blok M
    Blok M Mall

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kebayoran_Baru,_Jakarta_Selatan

IMAGE Bawang Merah
Tuesday, 14 October 2014
Buat Obat Cacing dan Diabetes. Pada zaman sekarang, umumnya bawang merah digunakan oleh masyarakat untuk bumbu masakan. Ada berbagai macam zat... Read More...
IMAGE Bawang Putih
Tuesday, 14 October 2014
Mencegah Kanker, Jantung dan Diabetes. Bawang Putih (Alium Sativum) adalah salah-satu tanaman yang biasa hidup diladang-ladang didaerah pegunungan... Read More...
IMAGE 7 Jurus Terong Ungu
Tuesday, 07 January 2014
Kandungan nutrisi Terong Ungu sangat luar biasa, antara lain: Kalsium, Mineral, Bioflavonoid, Vitamin K, serta Kaya Serat. Read More...
IMAGE Gunanye Bayem
Tuesday, 31 December 2013
Nih Sayuran terkenal, selain gampang dapetinnye, rasanye juge enak. Selaen bayem banyak macamnye, bayem juge punya kandungan gizi nyang sangat... Read More...

Jiwa sehat

IMAGE Ingat Bukan Dendam
"Ingat" tapi bukan "Dendam", itu adalah ungkapan orang Bijak. Mengapa? Banyak orang yang bilang bahwa kita tidak boleh dendam.... itu betul... Tapi...
IMAGE Berfikir Sehat
Raga yang sehat berawal dari Pikiran yang sehat. Olehkarenanya, Pikiran yang sehat menjadi stimulus utama untuk mempengaruhi kesehatan Jiwa dan Raga...

Kesehatan Wanita

IMAGE ASI Pasti Lebih Sehat
Bagi Ibu-ibu karir, Air Susu Ibu memang tidak praktis, tetapi sekarang ini sudah ada beberapa instansi yang memberi aturan bagi Ibu-ibu yang sedang...
IMAGE Proses Persalinan Alami
Ramuan Tradisonal Kuno baik digunakan apabila kandungan telah memasuki 8 1/2 bulan. Ramuan ini bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan atau...

Kesehatan Pria

IMAGE Kesehatan Pria Jakarta
Kemangi Bagi Pria, kemangi berguna bagi Pencegahan Lemes Duluan. Senyawa 1-8 sineol dalam kemangi dapat mengatasi masalah Ketahanan Hubungan....
IMAGE Care alami bakal penyakit Hernia
Bahan :1. Telur ayam kampung 1 butir2. Madu asli 3 sendok makan3. Minyak samin 3 sendok makan.Care Pembuatannye : Telur ayam diambil kuningnye,...