Menghindari Jamur dan Obati Rematik. Lengkuas atau Laos, biasa digunakan untuk bumbu masak. Lengkuas mengandung minyak atsiri antara lain : galangol, galangin, alpinen, kamfer, methyl-cinnamate.

Lengkuas berkhasiat anti jamur, anti bakteri, menghangatkan, membersihkan darah, menambah nafsu makan, mempermudah pengeluaran angin dari dalam tubuh, mengencerkan dahak, mengharumkan, Menstimulasi otot dan konon berkhasiat aprodisiak.

Obat panu dan Luka terbuka.
Caranya: siapkan rimpang Lengkuas secukupnya, bawang putih secukupnya. Lalu tumbuk rimpang lengkuas bersama dengan bawang putihnya, sampai menjadi seperti bubur.
Cara memaakainya : oleskan di tempat yang terdapat penyakit tersebut.

Obat Rematik
Caranya : siapkan rimpang lengkuas kira-kira 1/4Kg, bersihkan lalu potong kecil-kecil, kemudian rebus, dengan air 10Liter.
Cara memakainya : Air bekas rebusan Lengkuas dipakai untuk mandi, selagi air rebusan tersebut masih hangat.

Sumber : Berbagai Sumber di Internet sebagai referensi (situs online google, Wikipedia, facebook, blogspot, kompasiana, dlsb)

Merica atau Lada selama ini dikenal hanya sebagai bumbu dapur. Padahal dibalik itu merica memiliki kegunaan sebagai obat.
Beberapa penyakit yang bisa disembuhkannya antara lain :

Asma, Masuk Angin, dan Diare.

Cara Meraciknya

Ambil satu sendok makan Bubuk Merica, kemudian seduh dengan dua gelas air panas. Aduk hingga rata dan biarkan sampai berubah menjadi hangat atau suam-suam kuku.

Meminum obat ini dua kali sehari sampai penyakit Asma, Diare dan Masuk Angin anda sembuh.

Khusus bagi penderita asma, ramuan obat ini bisa dijadikan obat rutin, terutama di musim penghujan. Karena biasanya penyakit asma sering kumat pada saat cuaca dingin.

Sumber : Berbagai Sumber

Buat Obat Cacing dan Diabetes. Pada zaman sekarang, umumnya bawang merah digunakan oleh masyarakat untuk bumbu masakan. Ada berbagai macam zat bermanfaat yang terkandung dalam bawang merah.
Bawang Merah memiliki zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin, serta diketahui banyak mengandung minyak asiri, sikloalilin, metilallin, dihidroallin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptida, fitohormon, vitamin, dan zat pati.
Selain kandungan tersebut di atas, Bawang Merah juga memiliki kandungan Vitamin K, Vitamin E, Zat Besi, Kalsium, Magnesium, Kalium, Fosfor, Seng, dan Natrium.
Jika Anda ingin memperoleh khasiat bawang merah secara optimal, Anda dapat mengonsumsi irisan bawang merah yang masih mentah setiap hari secara rutin. Irisan bawang merah mentah tersebut dapat Anda padukan dengan cabe kecil, irisan tomat, dan irisan mentimun lalu diberi garam dan air perasan jeruk nipis.
Dengan banyaknya zat yang dikandung, Bawang Merah dapat memenuhi kebutuhan tubuh kita terhadap vitamin maupun mineral.
Kegunaannya antara lain: mengobati batuk, demam, sakit kepala, melancarkan buang air besar, rambut rontok, kencing manis, dan sebagai obat cacing, hingga menyembuhkan luka akibat gigitan ular,

Sumber : Berbagai Sumber di Internet sebagai referensi (Situs Online Google, Wikipedia, Facebook, Blogspot, Wordpress, Kompasiana, dlsb)

Catatan :
Tumbuhan / Hewan yang disarankan, hanya Tumbuhan Lokal / Hewan Lokal. Hal ini mengingat kandungan Tanaman Lokal / Hewan Lokal yang tumbuh dan hidup di tanah Nusantara yang kaya dengan mineral ini, sangat berpengaruh pada kandungan Tumbuhan / Hewan itu sendiri.

Ingat, betapa Ikan Salmon Atlantik begitu dicari oleh orang-orang yang menginginkan kesehatan bagi matanya

Mencegah Kanker, Jantung dan Diabetes. Bawang Putih (Alium Sativum) adalah salah-satu tanaman yang biasa hidup diladang-ladang didaerah pegunungan yang cukup mendapatkan sinar matahari.

Berdasarkan penelitian, menjelaskan bahwa kandungan bawang putih terdiri dari 25% minyak uap komposisi asam garam belerang, 40% protein, 2% minyak (lemak). Mengandung vitamin A, B, C, dan E, dan juga mengandung mineral seperti asam garam belerang, fosfor, magnesium, kalsium, yodium, besi, potasium, sodium, mangan, dan zinc. Selain itu, juga mengandung protida, karoten, selenium, fosfor, antioksidan dan antibiotik.

Asam garam belerang pada bawang putih dipandang sebagai unsur penawar yang menakjubkan.

Penelitian modern di Universitas Harvard, Amerika para imuwan di sana menemukan bahwa tumor yang bersifat kanker tidak dapat tumbuh dalam tubuh kecuali jika terdapat zat (bahan) yang disebut dengan cyclic guaanisine mono phosphate.

Resume hasil penelitian menyatakan,  sebagian tumbuhan mencegah pembentukan zat ini, antara lain; bawang merah, mentimun, dan kembang kol (cauliflowerlbrocoly). Sementara, mereka menemukan bahwa kandungan bawang putih, lebih banyak kandungan zat penghambatnya, dibanding ke 3 sayuran dan bumbu dapur tersebut di atas.

  • Mengobati Penyakit Perut (usus), rasa mual, dan vertigo (pusing). Caranya : Masukkan 3 siung bawang putih yang dipotong-potong ke dalam gelas berisi susu lokal dan madu lalu diminum sebelum tidur.
  • Mencegah penyakit lumpuh pada anak. Caranya : Haluskan satu biji bawang putih lalu campurkan dengan susu si anak. Di minum setiap hari. Hati-hatilah mengabaikan melindungi air (getah) dadik yang telah dibuat dan ditentukan waktu-waktunya.
  • Mengobati kelenjar beguk. Caranya : Oleskanlah bawang putih yang telah dipotong-potong setiap hari setelah makan, selama satu minggu.
  • Mengobati penyakit typhus. Caranya : campurklah 5 siung bawang putih yang dipotong-potong, ke dalam gelas berisi susu lokal yang hangat dengan madu lebah, lalu minumlah sebelum tidur, dan mengoleskannya pada tulang belakang pasien, dan sisi-sisinya diolesi dengan minyak bawang putih yang dicampur dengan minyak kelapa. Di pagi hari menghirup aroma bawang putih selama 5 menit.
  • Mengobati luka atau bisul. Caranya : Menumbuk bawang putih sampai hancur, dan halus, lalu campurkan dengan madu lebah, kemudian balutkan pada luka atau bisul. Bisa juga dengan cara mencampur bawang putih yang sudah ditumbuk halus ke dalam air hangat, untuk membersihkan luka, Bawang Putih dapat membunuh bakteri dan kuman.
  • Mencegah penyebaran kolera. Caranya : Konsumsilah satu sendok makan bawang putih yang telah ditumbuk halus, dan satu sendok makan madu setiap selesai makan. Hal itu akan lebih bermanfaat dari serum, yaitu merupakan resep berkualitas untuk wabah perut. Sebab bawang putih adalah salah satu obat terkuat, untuk mencegah kolera dan typhus dan penyakit-penyakit perut dan wabah-wabah (epidemi).
  • Mengobati penyakit TBC. Caranya : Menghirup beberapa bawang putih yang telah dikupas, lalu masukkan ke dalam satu liter air. Kemudian masaklah di atas api sedang. Ketika uapnya naik hiruplah uapnya. Lakukan setiap hari. Selain itu ada juga cara lain, yaitu ambillah satu siung bawang putih, dan potong-potong, lalu teguklah dengan sedikit susu, kemudian minumlah setengah gelas madu lebah. Dilakukan setiap hari, akan lebih baik jika dikonsumsi setiap sebelum sarapan.
  • Mengobati tekanan darah rendah. Caranya : Minumlah segelas susu lokal yang dicampur dengan madu hitam, dan satu siung bawang putih yang sudah dipotong-potong. lakukanlah setiap hari selesai makan sembari memperbanyak minum jus buah-buahan segar.
  • Mengembalikan stamina dan vitalitas. Caranya : Ambillah satu ons bawang putih yang telah dihaluskan, lima telur ayam kampung, 1/2 sendok makan kemun (cumin), dan sedikit garam, lalu iris 4 ons bawang putih, dan campurkan minyak kelapa. Kemudian masaklah. Setelah itu makanlah dengan roti yang terbuat dari gandum asli. Lakukanlah terus menerus hingga beberapa hari.
  • Dengan mengkonsumsi 2 - 3 Siung  bawang putih setiap hari, maka dapat membantu tubuh kita untuk:
  1. Menghambat dan Mencegah pertumbuhan sel kanker
  2. Menghindari dan Mencegah kemungkinan berpenyakit jantung
  3. Menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan
  4. Membantu menghambat proses penuaan.
  5. Dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Zat anti-kolesterol dalam bawang putih yang bernama ajoene menolong mencegah penggumpalan darah.
  6. Membantu meredakan stress, kecemasan, dan depresi.
  7. Menyembuhkan tekanan darah tinggi
  8. Meringankan tukak lambung
  9. Meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes
  10. Melumpuhkan radikal bebas yang mengganggu sistem kekebalan tubuh
  11. Bermanfaat sebagai penawar racun (detoxifier) yang melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.
  12. Membantu menambahkan nafsu makan apabila dimakan mentah
  13. Mengandung antimikroba, antitrombotik, hipolipidemik, antiarthritis, hipoglikemik, dan juga memiliki antivitas sebagai antitumor.

Sumber : Berbagai Sumber di Internet sebagai referensi (situs online google, Wikipedia, facebook, blogspot, kompasiana, dlsb)

IMAGE Bawang Merah
Tuesday, 14 October 2014
Buat Obat Cacing dan Diabetes. Pada zaman sekarang, umumnya bawang merah digunakan oleh masyarakat untuk bumbu masakan. Ada berbagai macam zat... Read More...
IMAGE Bawang Putih
Tuesday, 14 October 2014
Mencegah Kanker, Jantung dan Diabetes. Bawang Putih (Alium Sativum) adalah salah-satu tanaman yang biasa hidup diladang-ladang didaerah pegunungan... Read More...
IMAGE 7 Jurus Terong Ungu
Tuesday, 07 January 2014
Kandungan nutrisi Terong Ungu sangat luar biasa, antara lain: Kalsium, Mineral, Bioflavonoid, Vitamin K, serta Kaya Serat. Read More...
IMAGE Gunanye Bayem
Tuesday, 31 December 2013
Nih Sayuran terkenal, selain gampang dapetinnye, rasanye juge enak. Selaen bayem banyak macamnye, bayem juge punya kandungan gizi nyang sangat... Read More...

Jiwa sehat

IMAGE Local Wisdom (Kearifan Lokal)
Kearifan Lokal adalah, nilai-nilai yang sudah dimiliki Masyarakat Lokal Nusantara secara turun temurun, yang mempunyai fungsi, mengatur interaksi...
IMAGE Berfikir Sehat
Raga yang sehat berawal dari Pikiran yang sehat. Olehkarenanya, Pikiran yang sehat menjadi stimulus utama untuk mempengaruhi kesehatan Jiwa dan Raga...

Kesehatan Wanita

IMAGE ASI Pasti Lebih Sehat
Bagi Ibu-ibu karir, Air Susu Ibu memang tidak praktis, tetapi sekarang ini sudah ada beberapa instansi yang memberi aturan bagi Ibu-ibu yang sedang...
IMAGE Bau Amis Waktu Lagi Haid
Datang BulanBeberapa resep, nyang bise digunain bakal ilangin Bau Amis waktu lagi Haid.Resep 130 g kemangi30 g temulawak, potong-potong5 lembar daun...

Kesehatan Pria

IMAGE Care alami bakal penyakit Hernia
Bahan :1. Telur ayam kampung 1 butir2. Madu asli 3 sendok makan3. Minyak samin 3 sendok makan.Care Pembuatannye : Telur ayam diambil kuningnye,...
IMAGE Kesehatan Pria Jakarta
Kemangi Bagi Pria, kemangi berguna bagi Pencegahan Lemes Duluan. Senyawa 1-8 sineol dalam kemangi dapat mengatasi masalah Ketahanan Hubungan....