Pasar Rumput adalah sebutan dari Nama Pasar yang kini berlokasi di Jl. Sultan Agung Jakarta Selatan Kelurahan Pasar Manggis. Kata “Pasar Rumput” ini berasal dari tempat dimana para pedagang pribumi menjual rumput.

Para pedagang rumput ini menyediakan rumput bagi kebutuhan Masyarakat Menteng yang banyak memiliki Kuda dan Sado (Gerobak Kuda) sebagai sarana angkutan penting, karena masih terlalu jarangnya Mobil.

Pada tahun 1950-an, Pasar Rumput marak pula oleh para Pedagang Kuda..
Pasar Rumput yang dahulu kala eksis, kini telah menyatu dengan pasar Manggarai, dan tidak ada lagi perdagangan rumput disana.

Nama Jl.Sultan Agung (Raja Mataram) yang sekarang ini, adalah  pengganti dari nama Jl. Jan Pieterzoen Coen (Jan Pieterzoon Coen Weg), Gubernur Jenderal Pertama Pendiri Kota Batavia. Adapun pergantian nama jalan tersebut dilakukan setelah Proklamasi Kemerdekaan.

Pada masa Belanda, tempat ini menjadi salah satu pusat penjualan sepeda di Jakarta.
Pasa ini cukup ramai pada tahun 1911-an - 1940-an, dimana sampai tahun 1940-an, angkutan di Jakarta masih dimonopoli oleh Delman  dan Sado.

Sejarah Asal Usul Nama Pasar Rumput
Sebelum dinamakan Pasar Rumput, pasar ini terkenal dengan sebutan Pasar Menteng. Dan di belakang kawasan Pasar Rumput ini terdapat Pasar Manggis.

Nama Pasa Manggis ini, dikarenakan dahulunya banyak pohon manggis. Kini menjadi Kelurahan Pasar Manggis, dimana kawasan Pasar Rumput berada didalamnya.

Perkembangan Daerah Pasar Rumput
Bisnis rumput di pasar ini mengalami puncaknya pada tahun 1950-an. Pada akhirnya sekitar tahun 1970-an, para pedagang rumput mulai hilang satu persatu. Hal ini dikarenakan, masyarakat sudah mulai berganti menggunakan alat transportasi bermotor.

Pedagang rumput pun kemudian beralih profesi sebagai penjual barang bekas (Loak), yang sebelumnya memang sudah ada beberapa yang berjualan di pinggiran Sungai Ciliwung.
Bisnis barang bekas di Pasar Rumput kian hari kian marak, hingga saat ini. Berbagai macam barang bekas dijual disini, antara lain; alat olahraga, alat perkantoran, sepeda bekas, alat kedokteran dan lainnya yang bekas. Pasar Rumput menjadi surga bagi para pemburu barang bekas dengan harga murah.

Pada 1920-an Kali Ciliwung tepat di depan Manggarai dibangun. Dahulu masyarakat setempat melakukan aktivitas mandi dan cuci di Sungai ini, karena dahulu Sungai ini sangat bersih tidak seperti sekarang.

Tingginya nilai sejarah Vihara Amurva Bhumi (Hok Tek Tjeng Sin) yang terletak di Jl Prof Dr Satrio No 2, Setiabudi, Jakarta Selatan, membuat Pemprov DKI Jakarta berencana menjadikan vihara tersebut sebagai salah satu cagar budaya.

Vihara Amurva Bhumi (Hok Tek Tjeng Sin) adalah vihara dengan struktur bangunan berbentuk Pat-Kwa segi delapan yang khas dengan ukiran naga di setiap pilar yang dibangun di depan kelenteng. Bangunan klenteng ini tidak terlalu besar serta koleksi patungnya yang juga terbatas.

Meski banyak umat Buddha yang telah beribadah di vihara ini sejak 1930 lalu, namun sejarah resmi berdirinya vihara hingga kini belum diketahui secara jelas. Hal inilah yang mendorong Pemprov DKI Jakarta bersama pengurus yayasan vihara tersebut untuk membuat penelitian khusus terkait sejarah berdirinya vihara ini.

Ketua Yayasan Vihara Amurva Bhumi (Hok Tek Tjeng Sin), Toni mengatakan, pihaknya cukup khawatir dengan lokasi dari Vihara yang sudah terkepung gedung-gedung pencakar langit. Padahal, tempat ibadah ini telah turun temurun digunakan umat Buddha untuk beribadah dan berbuat kebaikan. "Kami yakin Pemprov DKI serius menjadikan vihara ini sebagai bangunan cagar budaya," tandasnya, Minggu (13/5).

IMAGE Bawang Merah
Tuesday, 14 October 2014
Buat Obat Cacing dan Diabetes. Pada zaman sekarang, umumnya bawang merah digunakan oleh masyarakat untuk bumbu masakan. Ada berbagai macam zat... Read More...
IMAGE Bawang Putih
Tuesday, 14 October 2014
Mencegah Kanker, Jantung dan Diabetes. Bawang Putih (Alium Sativum) adalah salah-satu tanaman yang biasa hidup diladang-ladang didaerah pegunungan... Read More...
IMAGE 7 Jurus Terong Ungu
Tuesday, 07 January 2014
Kandungan nutrisi Terong Ungu sangat luar biasa, antara lain: Kalsium, Mineral, Bioflavonoid, Vitamin K, serta Kaya Serat. Read More...
IMAGE Gunanye Bayem
Tuesday, 31 December 2013
Nih Sayuran terkenal, selain gampang dapetinnye, rasanye juge enak. Selaen bayem banyak macamnye, bayem juge punya kandungan gizi nyang sangat... Read More...

Jiwa sehat

IMAGE Berfikir Sehat
Raga yang sehat berawal dari Pikiran yang sehat. Olehkarenanya, Pikiran yang sehat menjadi stimulus utama untuk mempengaruhi kesehatan Jiwa dan Raga...
IMAGE Ingat Bukan Dendam
"Ingat" tapi bukan "Dendam", itu adalah ungkapan orang Bijak. Mengapa? Banyak orang yang bilang bahwa kita tidak boleh dendam.... itu betul... Tapi...

Kesehatan Wanita

IMAGE Proses Persalinan Alami
Ramuan Tradisonal Kuno baik digunakan apabila kandungan telah memasuki 8 1/2 bulan. Ramuan ini bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan atau...
IMAGE ASI Pasti Lebih Sehat
Bagi Ibu-ibu karir, Air Susu Ibu memang tidak praktis, tetapi sekarang ini sudah ada beberapa instansi yang memberi aturan bagi Ibu-ibu yang sedang...

Kesehatan Pria

IMAGE Care alami bakal penyakit Hernia
Bahan :1. Telur ayam kampung 1 butir2. Madu asli 3 sendok makan3. Minyak samin 3 sendok makan.Care Pembuatannye : Telur ayam diambil kuningnye,...
IMAGE Kesehatan Pria Jakarta
Kemangi Bagi Pria, kemangi berguna bagi Pencegahan Lemes Duluan. Senyawa 1-8 sineol dalam kemangi dapat mengatasi masalah Ketahanan Hubungan....